Rental Mobil Wajib Uji Kelayakan Jalan

Mudik Lebaran juga diwarnai oleh maraknya rental mobil minibus plat hitam. Begitu banyaknya digunakan rental mobil seharusnya mendorong pemerintah untuk menguji kelaikan jalan mobil tersebut. Demikian dikatakan Ellen Tangkudung Pengamat Transportasi dalam diskusi bertema Peliknya Manajemen Mudik di Warung Daun Cikini, siang ini.

“Saat ini pemerintah fokusnya ke kendaraan plat kuning saja. Padahal berapa tahun belakangan ini banyak juga kecelakaan plat hitam dan didalamnya ada rental mobil.” Dapat dipastikan bila dilakukan uji kelayakan pada rental mobil dan kendaraan umum, jumlah kecelakaan lalu lintas saat lebarang akan jauh berkurang.

Dalam kesempatan yang sama, Arwani Thomafi Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PPP mengatakan bahwa terkait mudik ini pemerintah harus melakukan berbagai pengendalian yang terkait keselamatan dan kelancaran arus mudik. Untuk keselamatan pemudik, maka harus dengan penegakkan hukum yang tegas.

Sedangkan untuk kelancaran, maka perlu pengendalian komunikasi dan informasi, sehingga akan memudahkan koordinasi pengendalian kemacetan.

Menurut dia, mudik lebaran sudah terjadi sejak lama, tentunya sangat diharapkan pemerintah makin canggih melakukan koordinasi pengaturan arus lalu lintas, dengan belajar dari pengalaman atas simpul-simpul kemacetan yang terjadi selama ini.  Selain tnggung jawab pemerintah, pihak rental mobil juga diharapkan menghimbau supir atau konsumennya agar berkendara dengan tertib dan aman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s