Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mobil dari Rental Mobil Dicuri

Semua barang bisa dicuri, ya semuanya. Termasuk juga mobil rental. Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika mobil dari rental mobil dicuri? Hal ini jauh lebih rumit daripada kehilangan kunci mobil bukan?

Apa yang harus Anda lakukan sebelumnya

Pencegahan lebih baik daripada mengobati, seperti kata-kata dokter. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang menggunakan jasa rental mobil. Anda harus memikirkan faktor-faktor yang mencegah terjadinya pencegahan pencurian mobil, dan juga mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi pencurian.

Berikut hal-hal dasar untuk menghindari pencurian :

  • Jangan biarkan siapapun di luar perjanjian rental mobil untuk mengendarai
  • Jangan pernah tinggalkan jendela mobil terbuka
  • Matikan mesin mobil ketika mobil tidak digunakan

Jika memungkinkan, tanyakan perusahaan asuransi apakah mereka akan membantu dalam kasus pencurian, beserta berapa banyak yang dapat mereka bantu.

Siapa yang harus dihubungi, untuk apa?

Kehilangan mobil dari rental mobil dapat menjadi bencana bagi yang kehilangan. Bagi pemula, mereka akan buntu dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, dan mereka akan mengakhiri perjalanan bisnis atau liburan yang mereka lakukan. Ke dua, semua barang yang ada di dalam mobil juga dicuri. Dalam beberapa situasi, barang tersebut juga merupakan koper Anda dan barang-barang pribadi seperti dokumen bisnis.

Berikut list dasar siapa yang harus Anda hubungi terlebih dahulu ketika Anda tahu mobil dari rental mobil telah dicuri :

  • Polisi
  • Perusahaan rental mobil
  • Perusahaan asuransi

Sebelum telepon yang lain, teleponlah polisi

Kebanyakan rental mobil akan menyarankan konsumennya telepon polisi terlebih dahulu. Dalam melakukannya, Anda memerlukan plat kendaraan untuk memudahkan laporan. Buatlah daftar barang apa saja yang ada di dalam mobil seperti kartu kredit, kartu identitas, handphone, dan lain lain.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Pada umumnya rental mobil tidak akan mengenakan biaya tambahan jika mobil dilaporkan hilang
  • Ada kemungkinan rental mobil akan memberikan Anda denda yang besar jika Anda tidak melapor ke polisi

Hubungi pihak rental mobil

Setelah dilaporkan hilang, sekarang saatnya untuk berbicara pada pihak rental mobil. Hubungi cabang rental mobil terdekat. Lagi dan lagi, nomor perjanjian rental mobil dan nomor plat kendaraan akan menjadi informasi yang penting bagi mereka untuk mengenali identitas Anda.

Penyedia Asuransi Anda

Bagian ini dapat berbeda bagi setiap orang tergantung dari perjanjian asuransi. Hubungi asuransi dan tanyakan apakah pencurian mobil dapat ditutupi. Tanyakan juga prosedur asuransi dalam membantu pencurian mobil. Pihak rental mobil mau mobil mereka diganti, asuransi mungkin mau saja membantu biaya kehilangan mobil tetapi tidak dengan barang-barang dan denda lainnya.

Jadi siapa yang bertanggung jawab?

Penyewa secara legal bertanggung jawab untuk mengembalikan mobil. Ini adalah hal yang tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada pengacara yang dapat membantu. Untungnya, tanggung jawab ini tidak harus dipenuhi jika mobil dicuri. Bagaimanapun juga bagaimana Anda mengembalikannya jika mobilnya dicuri?

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan siapa yang bertanggung jawab dan tidak :

  • Penyewa tetap bertanggung jawab atas segala kerusakan ketika mobil dikembalikan.
  • Credit card tidak dapat menutupi biaya kehilangan mobil
  • Bukti kelalaian memungkinkan asuransi untuk tidak membantu biaya kehilangan
  • Berusaha untuk terus mengikuti perkembangan kasus

Pada akhirnya…

Ingat, ada perbedaan antara mobil Anda sendiri hilang dan mobil dari rental mobil hilang. Jika mobil Anda sendiri, kehilangan hanya berpengaruh pada Anda.



Leave a comment